Bincang Ria! Proses Pameran Online

Bincang Ria! kali ini diadakan pada tanggal 25 November 2020 dan mengundang kru LFM ITB yang telah membuat pameran online selama satu tahun ke belakang. Terdapat perwakilan dari 4 pameran online yang berbeda yakni perwakilan dari RETROSPECT, Pameran Keliling, Kontemplasi dan Epilogue Oktober. Setiap perwakilan menceritakan konsep pameran yang dibawakan serta proses dibalik pembuatan pameran tersebut.

RETROSPECT

RETROSPECT adalah sebuah pameran karya kru LFM ITB yang terkumpul dalam production house bernama Rumah Kaca. Pameran ini mengangkat cara untuk memvisualisasikan ulang kejadian yang telah terjadi dalam kehidupan yang mempengaruhi diri kita saat ini. Hal tersebut divisualisasikan menjadi kebun bunga di mana bunga-bunga tersebut akan tumbuh sesuai perbuatan kita sebelumnya dan menghasilkan hidup yang berwarna. Pameran ini menggunakan sistem open submission kepada para anggota production house. RETROSPECT juga mengedepankan media yang beragam dalam karya yang ditampilkan.

Penentuan konsep pameran ini sendiri melewati tahapan yang tergolong tidak biasa dikarenakan diadakannya perubahan maksud dari pameran di tengah-tengah prosesnya. Pada awalnya pameran ini memiliki tujuan sebagai portofolio anggota Rumah Kaca, tapi dengan adanya karya yang dikirim dalam open submission  tercetuskan untuk mengubah tujuan dari pameran ini. Setelah tujuan dari pameran ditetapkan, hal tersebut kemudian dikembangkan dari segi visual, tata letak pameran serta narasi dan konsep yang akan dibawakan nantinya. Hal tersebut juga berpengaruh kepada jenis publikasi dan fitur-fitur yang ditampilkan dalam pameran. Ditinjau dari segi teknis, pameran ini menggunakan website yang dapat mengakomodir desain serta interaksi dan fitur yang diinginkan

Pameran Keliling: Defile de Mode

Pameran Keliling: Defile de Mode merupakan pameran yang diadakan oleh bidang pertunjukan LFM ITB dengan merekrut 7 kru sebagai konseptor dan eksekutor. Penentuan konsep dari pameran dilakukan dengan metode yang berbeda dari pameran lain. Metode yang digunakan dalam pengonsepan pameran ini adalah brainwriting. Metode ini digunakan untuk menghimpun pemikiran dari semua kru yang tergabung dalam tim Pameran Keliling. Konsep yang diusung pada pameran ini adalah perubahan fashion mahasiswa dari jaman ke jaman.

Karya yang ditampilkan pada pameran ini adalah arsip yang dimiliki Dokumentasi Sosial LFM ITB. Arsip tersebut berupa karya fotografi yang kemudian dikurasi dengan beberapa tahap. Tahapan pertama kurasi dilakukan secara perorangan terlebih dahulu lalu tahapan selanjutnya adalah karya yang terpilih tersebut dibahas bersama dengan seluruh tim. Metode kurasi seperti ini dapat memastikan setiap anggota tim dapat memberikan pendapatnya pada karya yang akan ditampilkan di pameran. Karya-karya tersebut dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan tempat foto tersebut diambil. Pameran ini dilaksanakan menggunakan website layaknya RETROSPECT.

Kontemplasi

Pameran ini merupakan pameran online yang diselenggarakan oleh mahasiswa Arsitektur ITB 2019 dengan tema “in search for a new verve in this pandemic”. Latar belakang pameran ini adalah sebagai tugas ospek jurusan Arsitektur yang dikerjakan dalam rentang waktu satu bulan. Pameran ini menceritakan pentingnya mencari semangat baru di masa pandemi dan menampilkan karya-karya terbaru dari mahasiswa Arsitektur ITB 2019. Karya-karya yang ditampilkan diseleksi dan disusun agar mencerminkan konsep yang dibawa. Pameran ini sendiri memiliki alur yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu

  • Meresah: menceritakan kebingungan serta emosi negatif yang muncul saat & akibat pandemi
  • Mencari: menceritakan masa eksplorasi dalam proses pencarian semangat baru
  • Menemukan: menceritakan semangat baru yang ditemukan dan titik balik untuk berjuang kembali

Pameran yang menggunakan website sebagai platformnya. Proses pembuatan website ini sendiri memakan waktu 13 hari dengan rincian development website selama 8 hari, pemasukan karya selama 3 hari dan finalisasi website selama 2 hari.

Epilogue Oktober

Pameran ini merupakan pameran tugas akhir wisudawan Arsitektur ITB yang diadakan setiap wisuda. Layaknya pameran-pameran sebelumnya, Epilogue Oktober juga menggunakan website sebagai platform pamerannya. Pameran online ini membawakan tema “Through Our Eyes”. Pameran ini mengarahkan pengunjung untuk melihat karya-karya wisudawan arsitektur melewati dua sudut pandang yang berbeda yakni dari sisi mahasiswa arsitektur dan orang umum. Konsep tersebut diturunkan pada desain pameran dengan permainan efek blur dan fokus. Terdapat 51 karya tugas akhir wisudawan yang ditampilkan pada pameran ini. Karya tersebut dikelompokkan menjadi beberapa kategori yang terhubung dengan alur pameran. Alur tersebut terdiri atas beberapa kategori yang dibuat oleh panitia dari pameran. Dikarenakan pameran ini merupakan pameran tugas akhir wisudawan, karya yang ditampilkan dapat dikategorikan sesuai keinginan wisudawan yang karyanya ditampilkan. Terdapat 7 kategori karya dalam pameran ini yaitu

  • Moving On
  • Nature Lifestyle
  • Leisure
  • Well Being
  • Knowledge Chamber
  • Culture Digest
  • Cutting the Edge

Secara umum, setiap pameran yang diadakan memiliki pendekatan yang berbeda dalam penentuan konsepnya. Perbedaan tim dibalik pameran juga dapat menentukan proses penentuan konsep tersebut. Metode kurasi karya juga sangat berbeda dari setiap pameran dikarenakan konsep pameran yang berbeda. Perbedaan dari pameran online dan offline yang signifikan terletak pada realisasi dari pameran. Realisasi dari pameran-pameran di atas semuanya menggunakan platform website dengan teknis yang cukup mudah karena menggunakan situs yang dapat digunakan untuk membuat situs sendiri tanpa memerlukan proses coding yang rumit. Kendati mudah untuk dilakukan, pembuatan website tetap memerlukan waktu untuk para pembuat pameran karena belum memiliki pengalaman dalam hal tersebut. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *