ATM #3: Workshop Food Photography

Kayaknya emang foto makanan sekarang lagi jaman banget gitu yah. Maka terciptalah workshop food photography ini! Yang diisi oleh Mas Ari Angin, S.Sn.

Pada inget nggak waktu dulu, kalo misal lagi sama keluarga atau temen temen trus mau makan di texas, nah menu di texas itu background fotonya cuma putih gitu?Ternyata itu waste banget nih! Karena pada dasarnya foto adalah memegang peran penting untuk menjual suatu produk! Selain itu, foto adalah bersifat provokatif! Apalagi foto makanan berkolaborasi dengan teknologi yang bernama instagram, yang bikin orang tergiur dan tertarik untuk nyobain! Ditambah lagi sekarang ada teknologi yang dinamakan gojek (go-food) maka orang semakin instan untuk memesan makanan tersebut.

Food photography adalah sangat simple! Yang terpenting adalah cinta dengan makanan ehe karena jika cinta dengan makanan tersebut, kita jadi ingin menampilkannya dengan cantik. Yang dibutuhkan adalah: 1. Pengetahuan basic tentang fotografi seperti exposure, white balance, dan lain lain. Sedangkan 3 aspek terpenting untuk food photography sendiri adalah: Diafragma (bukaan), lighting, dan shutter.

Seperti tadi yang saya bilang nih, karena cinta dengan makanan, maka kalau tak kenal makanan-nya maka tak sayang dengan makanannya. Jadi kita harus kenal dulu nih sama makanannya, karena ini termasuk bagian penting nih untuk mengangkat cerita apa sih yang ada dibalik makanan tersebut sehingga kelebihan makanan tersebut bisa kita tonjolkan

Kebanyakan restoran menggunakan metode high key buat foto di menunya. Apaan tuh high key? Jadi high key adalah memotret dengan lighting dari depan makanannya (yang memperlihatkan bagian-bagian makanan dengan jelas) sedangkan low key adalah foto dengan lighting dari belakang, sehingga bakalan menampakkan siluet makanannya. Tapi sekarang udah ada beberapa restoran yang berani ambil resiko buat pake metode low key.

Jangan lupa juga atur komposisi, letakkan makanan prioritas yang ingin ditonjolkan lebih dekat dengan kamera agar para konsumen tidak salah focus. Selalu ingat mau main di market yang mana! Karena ini juga merupakan aspek penting untuk berjualan dan membuat layout menu.

Nah kalo dari aku pribadi, foto makanan yang menarik adalah yang nge zoom banget, memperlihatkan komponen komponen makanannya yang dengan indah mengharmonikan kelezatanya atau memperlihatkan indah lelehan kejunya dan kalo sup memperlihatkan kesegaran sayurannya, memperlihatkan panas dagingnya dan lain lain~. Intinya mah, gimana cara kita bikin orang laper kalo liat foto tersebut hehe.

Kalo menurut kru-kru sekalian gimana nih foto makanan yang menarik? Kalo ngga setuju boleh nih ditunggu tanggpan dan pendapatnya dan mari kita berbincang-bincang~

Alya Thallafadhila

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *