Pameran Keliling: Defile de Mode

Gambar 1 Logo Pameran Keliling: Defile de Mode

Defile de Mode berasal dari bahasa prancis yang dapat diartikan sebagai peragaan busana atau yang lebih dikenal dengan Fashion Show. Fashion sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan oleh remaja untuk mengekspresikan diri. Dapat dilihat dari perbedaan gaya yang digemari dari setiap zaman. Setiap zaman memiliki ciri khas fashionnya sendiri yang unik dan membekas. Akan tetapi, tidak jarang beberapa gaya fashion tersebut berulang dan muncul lagi di zaman-zaman setelahnya. Fashion juga terbentuk oleh keadaan dan acara-acara yang terjadi di sekitar sehingga muncul fashion – fashion tertentu yang ada karena pengaruh keadaan dan acara tersebut. Perkembangan ini terabadikan dalam arsip LFM ITB sejak tahun 1970. Tercetusnya tema fashion sendiri berawal dengan melihat potensi apa yang dapat diangkat dari arsip Doksos LFM ITB. dari sekian banyak tema mengenai kemahasiswaan, fashion mahasiswa dirasa tepat untuk dibawakan dengan ringan dan eksploratif. 

Pameran ini berjudul Pameran Keliling: Defile de Mode. Tema yang diangkat adalah “fashion mahasiswa ITB dari masa ke masa”. Tema ini didasari dengan arsip yang dimiliki Dokumentasi Sosial LFM ITB yang tanpa sengaja merekam perubahan gaya berpakaian mahasiswa dari tahun ke tahun sehingga kami rasa akan menarik jika mengangkat tema yang ringan. Pameran ini ini ditargetkan pada mahasiswa ITB. Dengan adanya pameran ini, pengunjung diharapkan dapat memahami bahwa mahasiswa didukung untuk mengekspresikan dirinya sebebas mungkin dan budaya fashion serta perubahannya dalam lingkungan ITB. Pengunjung juga diharapkan dapat memiliki pengetahuan lebih mengenai fashion serta mengetahui Pertunjukan LFM ITB melalui pameran ini.  

Pameran Keliling: Defile de Mode diadakan pada tanggal 9-15 November 2020. Keseluruhan pameran ini dibuat oleh 7 kru LFM ITB yaitu Allysa Qinanti, Rifasya Ayuna, Dwi Ajeng, Nella Melinia, Hafiza Alifia, Meidiana, dan Zulafa Azmi (semuanya merupakan kru 2019) beserta tim Pertunjukan LFM ITB. Pameran ini pada awalnya direncanakan untuk diadakan secara luring dan berpindah tempat di beberapa titik di dalam ITB. Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan, pameran ini dilakukan secara daring melalui laman https://pamerankeliling.com. Pameran dibuka pada tanggal 9 November pukul 7 malam. Pembukaan pameran dibuka secara informal dan disebarkan melalui media sosial Instagram dan LINE. Selama pameran berlangsung, terjadi beberapa perubahan dan penyempurnaan halaman website selama hari pertama, kedua dan ketiga pameran. Perubahan terjadi pada fitur dress up character yang ditampilkan setelah halaman masuk. Pameran ini dikunjungi oleh lebih dari 400 pengunjung selama 7 hari. 

Pameran ini menampilkan 101 single foto yang diambil dari arsip lama LFM ITB sejak tahun 1970 hingga 2019, dandilengkapi caption yang merupakan deskripsi dari kurator. Karya yang ditampilkan dalam Pameran Keliling adalah arsip lama LFM ITB sejak 1959-2020. Karya-karya yang ditampilkan dibagi menjadi beberapa bagian. Saat memasuki laman pameran, pengunjung akan disuguhkan “permainan” dress up character dan memilih gaya berpakaian yang diminatinya. Terdapat berbagai jenis pakaian yang tersedia, dari aksesori hingga jaket himpunan. Selanjutnya pengunjung akan disuguhkan peta ITB dalam bentuk ilustrasi dan terdapat beberapa tempat yang dipilih. Pada tempat tersebut terdapat karya foto yang diambil di tempat tersebut. Selain peta ITB, pengunjung juga disuguhkan segmen lain dari pameran yang dinamakan Pojok Spesial. Laman ini berisi tiga kelompok foto yakni foto-foto wisuda dari jaman ke jaman, foto yang menggunakan jaket himpunan serta pilihan favorit dari para pembuat pameran.
Secara keseluruhan Pameran Keliling: Defile De Mode tereksekusi dengan cukup baik. kesan retro yang di tampilkan lewat karya dan desain grafis tersampaikan dengan unik. Fitur dress up character memberikan intereaksi yang cukup menarik kepada pengunjung. Selain itu, fitur layout peta ITB juga seakan mengajak kita “berkeliling” dari satu tempat ke tempat lain. Pameran keliling: Defile de mode dirasa cukup berhasil menyampaikan pesannya kepada pengunjung pameran.

Ditulis oleh M Faizin FM (Kru 2019)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *