RETROSPECT

Gambar 1 Halaman Pembuka Website Rumah Kaca

Sumber: https://www.rumahkaca.co/

Rumah Kaca merupakan kolektif kru-kru dengan minat lintas bidang di LFM: fotografi, kineklub, pertunjukan, dan videografi. Rumah Kaca sendiri terbentuk akibat wacana pembuatan film The Grand Crescendo oleh Nadhif Adrisdtia dan Dio Bramantio (Kru 2018). Didirikan sejak Februari 2020, sebuah komitmen tercipta untuk membentuk konsistensi dalam kekaryaan selama minimal setahun kedepan. Pada tanggal 1 November 2020, Rumah Kaca mengadakan sebuah ekshibisi daring berjudul RETROSPECT pada www.rumahkaca.co

RETROSPECT sendiri dikemas sebagai salah satu – atau yang pertama – dari program TOPICS. TOPICS sendiri merupakan wacana pengangkatan suatu isu yang kemudian divisualisasikan oleh berbagai kolaborator melalui berbagai media kolaboratif. Simpelnya, serial tema pameran – walaupun belum pasti bentuknya pameran. Upaya ini dilakukan agar RETROSPECT ter-branding akan suatu program yang spesifik dari Rumah Kaca yang di kemudian hari dapat dijejerkan dengan seri lainnya

RETROSPECT diartikan sebagai memvisualisasikan ulang kejadian lama yang memiliki kesan tersendiri terhadap para kolaborator. Para kolaborator dapat menginterpretasikan RETROSPECT sebagai upaya mengapresiasi, meng-highlight, maupun flashback akan kejadian atau momen tersebut. Walau dengan tema yang cukup personal, RETROSPECT dapat menekankan eksplorasi terhadap penyajian dan interaksi berbagai bentuk kekaryaan melalui website. 

RETROSPECT disimbolkan dengan sebuah bunga. Kehidupan dianaologikan sebagai kebun bunga, dimana bunga merupakan momen-momen yang terjadi dan tumbuh akibat aksi yang kita lakukan. Maka, RETROSPECT merupakan suatu upaya flashback akan momen tertentu, alias suatu bunga yang spesifik. Simbolisasi ini didesain secara minimalis, cukup dengan outline bunga yang dianimasikan, dan diletakkan di berbagai post feeds Instagram, maupun pada layout design pameran virtual di website Rumah Kaca. Hal ini yang dirasa menjadi identitas dan menciptakan keunikan dari pameran ini secara khusus.

Pameran ini dibagi menjadi tiga sekuens. Sekuens pertama adalah bagian pembuka (narasi dan penjelasan), kedua adalah Retrospective Garden (peletakan karya kolaborator), dan ketiga adalah penutupan. Konsep Retrospective Garden atau kebun bunga juga merupakan bentuk eksplorasi terhadap penyajian layout pameran yang tidak biasa layaknya seperti media editorial pada umumnya, yakni dengan penataan yang cukup acak, blend-in dengan grafis website. Hal ini juga merupakan upaya memaksimalkan interaksi pameran. Untuk bagian akhir, disertakan halaman dengan konsep Collect your Souvenir, dalam arti pengunjung dapat membuat grafis RETROSPECT secara custom sebagai bentuk ‘oleh-oleh’ dan ‘terima kasih’ dari kunjungan pameran.

Gambar 2 Halaman Karya RETROSPECT

Sumber: https://www.rumahkaca.co/retrospect-2

Terdapat tujuh karya yang ditampilkan pada RETROSPECT yaitu

  • Plié oleh Amadea Cintantya (Kru 2019) [seri fotografi]
  • Kaleidoscope oleh Stevanie Hana Emeralda (Kru 2019) [seri fotografi]
  • Stasiun di Kala itu oleh M. Ramadhan Aqdam P. (Kru 2019) [seri fotografi]
  • Dengan, Untuk Meditasi oleh Mahesa Brahmananda Gautama Putra Wicaksana (Kru 2019) [seri fotografi]
  • Finding Hotel Serene oleh Osama Jarnauzy (Kru 2018) [seri video]
  • Barrier oleh Nathaniel Hamonangan Hutauruk (Kru 2018)
  • For The Love of Synths oleh Nadhif Adristia dan M. Andryandana Susyanto (Kru 2018)

Secara keseluruhan, RETROSPECT yang dibuka sejak tanggal 1 November 2020 ini dikemas dengan sangat adaptif dan modern. Setiap karya yang dihasilkan berhasil menyampaikan perspektif mereka yang berbeda-beda dalam melalui kondisi tertentu. Situs ini sangat user-friendly terhadap pengunjung baru karena diberikan instruksi yang jelas sebelumnya. Pameran ini memberikan kesan yang sangat baik dan berhasil keluar dari zona nyaman walaupun dalam masa pandemi yang mengharuskan orang-orang berada di rumah. Tidak hanya melalui situs web, karya-karya dari Rumah Kaca juga bisa diakses melalui instagram sebagai wadah untuk mempromosikan pameran online ini kepada khalayak umum. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *