Review Pameran: Go Home Polish (Michal Iwanowski)

Go Home Polish”, sebuah pameran karya Michal Iwanowski, seorang fotografer asal Polandia yang menempuh perjalanan sejauh 1900 kilometer dari Cardiff, Wales hingga ke kampung halamannya di Mokrzeszów, Polandia. Pameran ini juga merupakan bagian dari pameran Internasional Complex States: Art in the Years of Brexit. Pameran internasional ini diselenggarakan sebagai respon mereka terhadap peristiwa “Brexit” dan Pandemi Covid-19 di beberapa negara.

Pada tahun 2008, Michal menemukan sebuah grafiti bertuliskan “Go Home, Polish” ketika ia masih berada di Cardiff, Wales, yang pada akhirnya menganggap itu adalah ‘suruhan pulang’ baginya. Ketika Polandia belum menjadi bagian dari EU dan semua masih berjalan seperti normal, semua orang berperilaku baik seperti biasanya. Namun, sejak peristiwa Brexit di tahun 2016, situasi semakin memanas dan Michal merasa dirinya harus menanggapi peristiwa itu. Hingga pada tahun 2018, Michal menempuh perjalanan hampir 1900 kilometer melewati delapan negara untuk ‘pulang’ ke kampung halamannya di Mokrzeszów, Polandia. Perjalanan yang ia tempuh memakan waktu 103 hari yang dimulai dari tanggal 27 April dan berakhir pada 7 Agustus 2018.

Pameran ini membawakan cerita yang luar biasa dan bermakna dalam dari perjalanan panjang dan hal-hal yang dialami oleh Michal selama perjalanannya. Beberapa kalimat yang dinyatakan seperti salah satunya, “I belong to the ground beneath my feet, not to any country where I happen to have a passport” adalah bagian yang paling ditunjukkan dalam pameran ini. Michal membawakan ceritanya dalam bentuk foto-foto, seperti salah satunya adalah foto terakhir dari perjalanannya sebelum ia benar-benar sampai di kampung halamannya di Mokrzeszów, Polandia.

Pertama kali kita memasuki pameran ini, kita dapat menemukan tulisan “Go home Polish” ditulis dengan gaya grafiti di salah satu dindingnya. Tulisan tersebut menunjukkan judul dari karya Michal Iwanowski ini sekaligus menjelaskan tentang darimana Michal mendapatkan ide untuk membuat karya sekaligus ceritanya ini.

Michal berhasil menyelesaikan perjalanannya dan sampai di Mokrzeszów, Polandia. Setelah melalui banyak rintangan, mulai dari jalan-jalan besar hingga hutan lebat di daerah pegunungan Jerman, dari tidur di alam menggunakan sebuah tenda hingga menyewa hotel kecil atau bahkan ikut tinggal bersama orang lokal.

Foto-foto yang dipamerkan Michal merupakan unggahannya di Instagram yang selalu ia update setiap ada hal yang menarik dari perjalanannya. Foto terakhir sebelum ia benar-benar menyentuh kampung halamannya. Bisa kita lihat dan ketahui cerita yang telah dibawakan Michal akhirnya rampung dan perjalanannya tidak berakhir sia-sia.

“105 days and a lot of swearing, but he’s made it!”

Selain cerita yang bisa kita lihat dari foto-foto yang diambil Michal selama perjalanannya, kita juga bisa membaca rangkuman dari perjalanannya dan mengerjakan sebuah ‘worksheet’ pada salah satu section di pameran tersebut. Cerita Michal dirangkum rapi dan dijelaskan dengan baik sehingga memudahkan orang-orang yang mampir untuk memahami tentang cerita-cerita yang ingin disampaikan Michal.

Selain dirangkum dalam bentuk tulisan dan foto, Michal dan timnya juga membuat sebuah documentary video perjalanannya dari Wales hingga Polandia. Video tersebut dapat kita tonton dalam sebuah ruangan dibalik tulisan “Go Home Polish”. Video dibawakan dengan sangat baik menggambarkan betapa keras dan menyenangkannya perjalanan Michal selama 103 hari.

Pensuasanaan pada pameran ini sangat dapat menyampaikan pesan-pesan dari Michal bagi penikmat karya-karyanya walaupun hanya berupa sebuah pameran virtual. Terdapat beberapa instalasi, beberapa contohnya adalah peta perjalanan Michal dari Wales hingga ke kampung halamannya di Polandia dan sepatu yang digunakan Michal untuk berjalan kaki dan menyelesaikan project ini.

Dari karya Michal Iwanowski ini banyak sekali cerita dan hal-hal yang bisa kita dapatkan. Ceritanya yang berjalan jauh hanya untuk ‘pulang’ diisi dengan berbagai hal yang tidak pernah ia duga sebelumnya, bahkan hingga menemukan arti ‘rumah’ yang sebenarnya. Foto-foto yang dihasilkannya tidak hanya memanjakan mata, tapi juga dapat bercerita menyampaikan sebuah kisah.

Go home Polish dapat diakses melalui link berikut https://www.cultvr.cymru/go-home-polish-michal-iwanowski/

Ditulis oleh Faihaa Meiry (Kru 2020)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *