Tentang Kami

Mengenal LFM lebih jauh

LFM ITB merupakan organisasi berbasis komunitas yang bergerak pada bidang fotografi dan perfilman beserta segala aspeknya. LFM ITB memiliki empat bidang kekaryaan yaitu fotografi, videografi, kineklub, dan pertunjukan. LFM ITB berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung sebagai unit kegiatan mahasiswa dalam rumpun media.


LFM ITB sendiri didirikan pada 21 April 1960 dan termasuk salah satu UKM tertua yang ada di ITB. Pada awal berdirinya LFM ITB berfokus sebagai wadah untuk memutarkan film-film yang dikenal oleh kalangan masyarakat Balubur (kini Tamansari) sebagai tempat alternatif untuk mendapatkan hiburan. Hal tersebut bermula saat LFM ITB mendapatkan hibah proyektor film seluloid dari Kedutaan Amerika Serikat.

Saat ini pemutaran tersebut masih ada dengan nama Bioskop Kampus. Tidak seperti dulu, Bioskop Kampus lebih berfokus dalam memutarkan film-film alternatif.

Selain sebagai wadah pemutaran, LFM ITB juga melakukan dokumentasi kegiatan kemahasiswaan ITB sejak tahun 1975. Kegiatan-kegiatan seperti aksi pergerakan kemahasiswaan, pergelaran wisuda ITB, acara-acara resmi rektor, hingga SEA Games tidak luput dari dokumentasi LFM ITB. Hingga saat ini, arsip dokumentasi tersebut masih tersimpan dengan baik dan sampai sekarang pun LFM masih mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga yang ada di ITB.

Saat ini, kegiatan LFM ITB sudah sangat beragam, LFM ITB juga mengadakan kegiatan-kegiatan lain seperti Ganesha Film Festival yaitu film festival nasional yang biasa diselenggarakan dua tahun sekali, Ganesha Exhibition Program yaitu sebuah acara yang mengekshibisikan karya-karya kru LFM. Selain Ganffest dan GEP, kegiatan seperti workshop dan diskusi juga sering dilakukan oleh LFM ITB terkait bidang-bidang yang menjadi pilar kekaryaan di LFM.