Empowered by Colors

oleh Dheny Kurnia

  • Legendary Master of Colors
(Pete Turner saat Pameran Empowered by Color)

Pete Turner adalah seorang fotografer asal Amerika, lahir pada 30 Mei 1934. Lulusan Sarjana Fine Arts in Photography di Institute Technology Rochester ini terkenal melalui karyanya yang unik karena menonjolkan warna solid. Karya-karya Pete Turner mulai dikenal saat zaman(tahun 1950-1980’an) dimana penggunaan warna masih eksklusif untuk tujuan komersial. Tidak seperti kebanyakan fotografer lain yang mayoritas menggunakan foto hitam putih untuk memberikan ekspresi dan kesan yang mendramatisasi, Turner justru menangkap sebuah peluang dengan memanipulasi rona dan saturasi warna. Ia menggunakan teknis forografi yang tidak umum untuk menciptakan citra dan rasa yang dia ingin dibuat. Maka dari itu bukan sesuatu yang berlebihan jika Nikon memberikan sebutan Legendary Master of Color Photography pada dirinya.

  • Empowered by Colors Photo Series

Pada pada 12 Agustus 2006 – 4 Februari 2007 karya foto dari Peter Turner ini sempat diadakan sebuah pameran dengan seorang kurator Sean Corcoran yang berjudul “Peter Turner: Empowered by Color. Karya-karya yang dipamerkan juga diabadikan dalam sebuah guideline berbentuk photo series. Sesuai judulnya, dokumen berjumlah 28 halaman ini disajikan dengan sumber kekuatan yang terletak pada warnanya. Foto-foto yang pada photo series ini menampilkan peran warna sebagai jiwa utama dalam menciptakan sebuah komposisi foto. Setiap foto memiliki harmonisasi warna sehingga nyaman di pandang. Komponen warna ini bagi penikmat seni ataupun orang awam juga dapat memberikan kesan tersendiri yang sarat akan makna karena objek menjadi lebih hidup dan seolah bercerita.

Pete Turner: Empowered by Color

  • Komparasi

Keterpaduan warna yang serasi membuat foto-foto Pete Turner dapat dijadikan menjadi color palette yang indah untuk kebutuhan desain. Keberadaan warna ini berperan begitu dominan dalam menciptakan interpretasi dan cerita bagi pembaca. Hal ini dapat dibuktikan ketika foto asli yang berwarna dibandingkan dengan foto yang sama tapi diolah menjadi hitam-hitam. Umumnya foto hitam putih dapat dinikmati karena komposisi dan objek-objek yang menjadi point of interestnya, tapi saya rasa tidak dengan foto-foto Pete Turner versi hitam-putih. Ketika foto-foto Pete Turner dibuat menjadi hitam putih, kesannya menjadi biasa saja bahkan menurut saya cenderung kurang bisa dinikmati dan dimaknai.

(Komparasi Foto Berwarna dengan Hitam-Putih)

  • Kekuatan Sebuah Warna

Dari banyaknya foto yang membuat saya takjub, ada satu foto yang menurut saya paling menyita perhatian adalah Giraffe 1964.

(Foto Peter Tuner yang Berjudul Giraffe tahun 1964)

Foto ini diambil ketika Pete Turner berada di Africa. Memperlihatkan sosok siluet jerapah yang sedang berlari disuatu latar(mungkin padang pasir) yang hampa. Objek utama jeparah difoto dari kejauhan yang letaknya tidak berada pas ditengah tapi mendekati titik rule of third di kiri bawah. Terdapat pemandangan berupa langit berwana merah solid dan bumi bergradasi warna ungu. Sebagai pembaca, saya sendiri memaknai foto ini seperti Survival Effort. Mengapa demikian? Dapat dilihat pada detail-detailnya seperti disematkannya objek jerapah yang sedang berlari menyimbolkan sebuah perjuangan. Siluet jerapah yang berwarna hitam memiliki makna bahwa takdirnya masih misterius. Background foto yang terdiri dari dua unsur elemen, yaitu tanah(bumi) berwarna ungu dan udara(langit) berwarna merah. Langit yang berwana merah mengisyaratkan sebuah semangat yang membara tapi juga bisa berarti pertumpahan darah ketika menyerah. Sedangkan bumi yang berwarna ungu mengisyaratkan keseimbangan mental berupa perubahan atau transformasi. Nasib sang jerapah bergantung pada dirinya sendiri apakah dia akan melakukan perubahan dan terus berjuang atau menyerah dan mati berdarah. Saya mendapatkan penafsiran tersebut karena unsur warna yang kontras dan solid.

Dalam sebuah wawancara, Pete Turner mengungkapkan bahwa dia suka menangkap gambar dengan tidak mengikuti tren dan tidak memperdulikan komposisi. Karya Pete Turner yang unik ini sedikit banyak sudah membuat dunia fotografi semakin berkembang.

Apa yang aku lakukan salah? Tidak menurutku, jujur aku terkejut ketika ada begitu banyak fotografer yang menolak memanipulasi kenyataan seolah itu salah. Ubah realitas! Jika Anda tidak menemukannya, ciptakanlah!Pete Turner

Akhir kata, karya-karya Pete Turner ini mengajarkan kita akan KEKUATAN SEBUAH WARNA dalam sebuah karya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *