KRITIK FOTO: Rahasia Rasa karya Naufal Akhtariyan

Oleh Zulafa Azmi Aunun Noor

Pertama kali lihat yang paling eye-catching adalah VISUALNYA! Pemilihan warna backdrop yang super menarik dan komplementer dengan objek yang mau ditunjukin.

Gambar 1. Buku Foto ‘Rahasia Rasa’

Pemberian penjelasan singkat tentang objeknya memberi kesan foto yang minimalistik, informatif, dan ‘pas’ (tidak terlalu kosong maupun tidak terlalu penuh)

Gambar 2. Buku Foto ‘Rahasia Rasa’

Adanya catatan penulis di awal membantu pembaca, terutama aku, untuk lebih mengerti maksud dari buku ini. Aku coba bolak-balik antara isi buku dengan catatan penulis untuk lebih dapat maknanya. 

Gambar 3. Buku Foto ‘Rahasia Rasa’

Inspirasi kak Atkan dalam pembuatan Rahasia Rasa adalah buku foto karya Mas Ves ‘Food Around Us’. Awalnya kak Atkan ingin ‘memamerkan’ atau ‘mengagungkan’ rempah-rempah dengan menimbulkan kesan mistis, namun setelah dia mencoba lebih mendalaminya, kak Atkan memutuskan untuk melakukan eksplorasi terhadap rempah tersebut dengan ‘mendandani’ dan memberikan kesan lebih cerah. Hal ini dilakukan dengan eksplor visual dan warnanya, dimulai dengan warna-warna pastel dan soft, serta mencoba mencocokkan beberapa objek dengan warna yang berbeda. Kak Atkan ingin menunjukan tiap rempah memiliki ‘aura’ dan ‘jiwa’ dalam buku foto ini. 

Setelah tau dari sudut pandang kak Atkan, interpretasi dan kritik aku terhadap buku foto ini secara garis besar masih sama, aku masih super suka sama visualnya terlebih alesan dibalik itu dimana berawal dari kesan mistis atau ‘ramuan’ menjadi ‘ngedandanin’ , menurutku itu salah satu keputusan yang inovatif dan menarik, terutama buat aku yang sampai sekarang masih bermain di warna-warna monokrom hitam – abu – putih. Ternyata warna background yang ‘berwarna-warni’ tetap sangat bisa menonjolkan objek yang memiliki ‘warna’ juga. 

Selain itu, setelah aku melihat dan mencoba untuk mendalami karya-karya foto kak Atkan lainnya, contohnya ‘Natural Drift #Ruparia Tajur’ dan ‘Rekonstruksi Retina’ yang merupakan multiple post pada Instagram kak Atkan, kedua karya tersebut sama-sama memainkan visual, ilusi mata, konsistensi, dan adanya benang merah antar foto yang menurutku sangat menarik. 

Mencoba melihat dari sudut pandang lain, yaitu inspirasi kak Atkan dalam pembuatan buku foto ‘Rahasia Rasa’ yaitu buku foto karya Mas Ves ‘Food Around Us’, merupakan buku foto yang mengeksplorasi peran foto untuk menyanggupkan pembaca agar dapat menangkap informasi dengan cara yang menyenangkan.

Gambar 4. Buku Foto ‘Food Around Us

Menurutku yang paling berbeda antara ‘Rahasia Rasa’ karya kak Atkan dan ‘Food Around Us’ karya Mas Ves adalah dari segi komposisi, isi buku, dan pesan atau tujuan yang mau dibawa. Dari segi komposisi, kak Atkan lebih banyak menggunakan negative space dalam setiap foto ataupun halaman yang memberi kesan saling melengkapi antar objek maupun warna backdrop, sedangkan Mas Ves mengisi tiap halaman dengan gambar ataupun tulisan yang terbagi menjadi beberapa segmen yang rapi dan teratur. Dari segi isi buku, kak Atkan menjelaskan nama objek serta nama latinnya, asal usul, kandungan, cara budidaya, serta khasiat, sedangkan Mas Ves menjelaskan informasi tumbuhan liar, cara mengolahnya, hingga resep memasak hidangan dari bahan tumbuhan ini.  Last but not least, dari segi pesan atau tujuan yang dibawa,  kak Atkan ingin membawa pesan berupa ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas pengalaman rasa dan warna dalam setiap kegiatan mengonsumsi makanan, sedangkan Mas Ves membuat buku ini sebagai pengarsipan tumbuhan-tumbuhan pangan liar yang ada dan berusaha menjadi pemantik gaya hidup mengkonsumsi pangan liar.  Kedua buku foto merupakan karya yang sangat menarik untuk didalami maupun dilihat secara visual. 

Good job, kak! Semangat untuk terus berkarya dan ditunggu karya-karya selanjutnya!

Referensi 

Dhata, Elvina Faustina.  “Review Buku Foto: Food Around Us”, https://konferensimejabatu.wordpress.com/2020/03/01/review-buku-foto-food-around-us/, pada tanggal  31 Desember 2020 pukul 16.40 WIB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *