Review Buku Foto: Aksi

Oleh Loretta Kainary

S__10993680

Buku ini menceritakan tentang definisi Kasih Sayang yang dilakukan oleh seseorang. Penulis (bernama Kadek Devi Ghita Saraswati, Kru LFM ITB) merepresentasikan kasih sayang tersebut adalah kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya. Menurutku, buku ini sangat personal, sang penulis dengan terbuka menceritakan hal – hal yang ia alami bersama dengan sang ibu.

Foto – foto yang terpampang close up, membuat buku foto ini terlihat sangat menarik. Ditambah lagi dengan hiasan selotip warna-warni yang menggambarkan bahwa buku ini menceritakan tentang definisi Rumah dan Kehangatan sang penulis. Setiap lembaran buku, dihias dengan bungkusan – bungkusan yang tertempel seperti..

label kutus – kutus;S__10993684

label sweater jaket sang ibu;

bungkusan obat!

..membuat pembaca (aku), semakin mendapat suasana yang diceritakan penulis ini.

Sang penulis memaparkan tulisan tangan yang dibuat sedemikian alami. Jujur, aku sebagai sang pembaca, senang membaca buku ini, simple, sederhana, tapi menarik. Gak ada yang muluk – muluk, hanya menceritakan kepedulian ibu sang penulis dan perhatian – perhatian yang beliau lontarkan kepada anaknya yang berkuliah di Bandung.

S__10993685

Gambar – gambar, curhatan, dan warna – warni stabilo, menambah kesan yang alami dari sang penulis. Ini bukan seperti buku foto, seperti diary yang menceritakan kasih sayang seorang ibu dan buku ini pun dibuat sebagai ungkapan terimakasih sang penulis terhadap ibunya.

S__10993682

Di dalam buku ini, penulis membuktikkan bahwa seorang ibu memiliki “aksi” nya sendiri dalam mengungkapkan kasih sayangnya. Entah itu menanyakan hal – hal kecil yang tidak penting, gosip?, ataupun memberikan saran disaat anaknya jauh disana. Sejauh apapun jarak yang memisahkan, ibu selalu ada untuk anaknya. Memang terkadang ada ibu yang tidak dapat mengungkapkan kasih sayangnya secara gamblang, tapi percayalah, mereka selalu berusaha. Berusaha untuk menjadi dekat dengan anaknya, meyakinkan anaknya bahwa ia selalu membuka lebar tangannya kepada sang anak, kapanpun, dimanapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *