Review Buku Foto: Food Around Us

Oleh Elvina Faustina Dhata

ِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

S__10412058

Food Around Us adalah buku foto yang mengeksplorasi peran foto untuk menyanggupkan pembaca agar dapat menangkap informasi dengan cara yang menyenangkan. Buku ini menggunakan fotografi sebagai media yang memudahkan dan meringankan penyampaian suatu gagasan.

Sejak awal, saya memang telah tertarik dengan topik yang dibawakan; tumbuhan liar yang dapat dijadikan pangan sehari-hari. Suatu hal yang jarang saya temui, berhubungan dengan lingkungan, dan ihwal manusia bertahan hidup. Ditambah lagi, tujuan Mas Luinambi Vesiano (akrab dipanggil Ves) membuat buku ini adalah sebagai pengarsipan tumbuhan-tumbuhan pangan liar yang ada dan berusaha menjadi pemantik gaya hidup mengonsumsi pangan liar.

S__10412060

Setelah dibuka-buka lembar bukunya, rasa ketertarikan saya terbayar, dan dapat dinilai bahwa dua tujuan Mas Ves tercapai. Ia membawa tumbuhan liar ke ‘studio’ foto dengan penataan estetik, membawa backdrop foto ke habitat asli tumbuhan liar, juga menampilkan foto jarak dekat ke detail bagian tumbuhan, dilengkapi informasi tentang para tumbuhan liar dan cara mengolahnya hingga resep memasak hidangan dari bahan tumbuhan-tumbuhan liar yang ada di buku ini. Penyajiannya yang rapih dan teratur, penuh kontras dengan kata ‘liar’, justru membuat buku dan topik ini rasanya aman dan nyaman untuk ditelusuri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *