Review Buku Foto: mail, a love letter

Oleh M. Zaky Ar-Razzaq

S__10412051

Surat cinta yang manis, itu adalah kesan pertama saya saat membaca buku ini. Seluruh perasaan fotografer, yaitu Dinda Jouhana, dituangkan dalam bentuk rangkaian foto yang indah dan penuh makna. Pemilihan judul buku ini sangat unik, Mail disini menjadi 2 arti, yaitu mail (surat) dan Mail (potongan dari nama suami Dinda; Ismail). Isi buku foto ini adalah perjalanan fotografer sejak sebelum menemukan cinta dan petualangannya selama merasakan cinta.

Rangkaian foto berwarna, maupun hitam-putih mewakili seluruh emosi Dinda. Komposisi foto juga banyak berperan dalam menggambarkan perasaan fotografer. Banyak foto jepretan Dinda menggunakan komposisi pola/pattern dan dipadukan dengan objek foto yang warna-warni untuk menggambarkan perasaan bahagia. Ada juga objek foto pemandangan hamparan langit maupun laut yang menunjukkan kesepian dan ketenangan Dinda. Kelihaian fotografer dalam menangkap momen di sekitarnya dipadukan dengan proses editingmembuat pesan dari tiap foto yang dipotret lebih dipahami dan dirasakan oleh orang yang membacanya.

Penggunaan kalimat atau kutipan dalam setiap foto juga sangat membantu orang lain untuk memahami perasaan yang fotografer tuang dalam tiap foto. Meskipun menurut saya, itu bisa membuat orang lain membaca kalimat atau kutipan tersebut terlebih dahulu baru melihat fotonya dan mereka jadinya cocokologi. Tapi di sisi lain, penggunaan kutipan itu memudahkan fotografer agar orang lain yang membaca foto itu paham apa yang Dinda rasakan saat memotret itu.

Layaknya gado-gado, seluruh ‘bahan’ yang dimasukkan oleh Dinda membuat buku foto ini kaya akan rasa dan semua orang menikmatinya. Buku foto ini juga mengajak kita untuk mengekspresikan perasaan kita ke orang-orang yang kita sayangi, terutama di bulan penuh cinta ini. Intinya, ulasan saya dari buku foto ini adalah: JADI PENGEN BIKIN NIH!

S__10412057

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *