Ganesha Exhibition Programme: Eksplorasa

Liga Film Mahasiswa ITB merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berfokus fotografi dan perfilman. Dalam mengembang kekaryaan dari duo hal tersebut, terdapat empat bidang kekaryaan dalam LFM ITB, yaitu Fotografi, Videografi, Kineklub, dan Pertunjukan. Bidang Pertunjukan yang menggunakan ekshibisi sebagai sarana menyampaikan intensinya, hadir sebagai wadah yang dapat mengadakan kegiatan ekshibisi untuk menampilkan karya fotografi, videografi, dan kineklub.

Ganesha Exhibition Programme (GEP) adalah salah satu program kerja yang dinaungi oleh Bidang Pertunjukan. GEP pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 dan kemudian menjadi program kerja rutin LFM ITB pada setiap tahunnya. GEP dapat berfungsi sebagai wadah untuk berkarya secara eksploratif bagi kru LFM ITB, menjadi sarana untuk mengapresiasi karya kru dalam bentuk pameran, serta dapat memberi pesan yang perlu disampaikan kepada masyarakat luar. GEP juga merupakan salah satu kegiatan yang membuat LFM ITB dikenal di kalangan umum.

Pada Februari 2021, GEP hadir dengan tema eksplorasi emosi. Eksplorasi emosi ini dapat diartikan sebagai perjalanan emosi yang berubah baik dari jenisnya ataupun intensitasnya. Pesan yang ingin disampaikan melalui pameran ini adalah pentingnya untuk mengetahui, memahami dan menerima emosi-emosi yang kita rasakan. 

Sebagai seorang manusia, kita dapat mengumpamakan diri sendiri sebagai rumah. Rumah merupakan tempat yang kita kenal dengan baik. Terdapatnya ruangan dalam rumah merupakan simbolisasi dari emosi-emosi yang terdapat dalam diri kita. Dengan menampilkan 106 karya yang terdiri dari karya fotografi, videografi dan kineklub kru LFM ITB yang tersebar pada 4 ruangan berbeda yakni joy-fear-sad-anger hal ini tertuangkan dalam pameran daring GEP: Eksplorasa. 

Tak hanya pameran daring yang mengajak pengunjung untuk berkenalan dengan emosi, pameran ini juga memiliki kegiatan lainnya seperti talkshow dan workshop yang dapat membantu pengunjung untuk menyelami emosi lebih dalam dan menuangkannya menjadi karya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *